Jumat, 02 Desember 2011 - 0 komentar

UPDATE KERNEL UBUNTU

Kembali ke layar Linux Mint. Kernel yang saya gunakan merupakan kernel Linux 3.0, sudah cukup lama rasanya ga update kernel. Kernel yang sudah stabil saat tulisan ini diangkat adalah kernel Linux versi 3.1.1. Saya biasanya compile kernel sendiri yang diambil dari kernel.org, tapi untuk compile sendiri memerlukan waktu berjam-jam. Karena itu saya (klo lagi males compile) update kernel yang sudah di pack menjadi .deb yang diambil dari sini. So, this is the tutorial how to update kernel on Linux Mint.
Pada tutorial kali ini, saya hendak update kernel 3.1.1 yang sudah di pack menjadi .deb. Distro yang saya gunakan adalah Linux Mint 10 (berbasis Ubuntu 10.10).
Langkah-langkahnya:

Step 1

Buka web browser anda kemudian buka situs ini:
http://kernel.ubuntu.com/~kernel-ppa/mainline/
Untuk kernel 3.1.1, anda harus memilih direktori "/v3.1.1-oneiric". Klik saja direktori tersebut.


Lihat gambar diatas. Didalamnya akan terdapat beberapa link, yang harus anda lakukan adalah mendownload 3 file dari 6 file kernel yang ada disitu sesuai dengan jenis sistem operasi yang anda gunakan. Untuk sistem operasi 32 bit, download 3 file yang ditandai oleh saya dengan warna biru, sedangkan untuk 64bit silahkan download  3 file yang berwarna merah.

Step 2

Selanjutnya simpan ke 3 file yang sudah didownload tadi di dalam folder. Pada contoh kali ini saya menyimpan ke 3 file tersebut di ~/Documents/tuti/.


Buka terminal lalu pindah ke folder tempat anda menyimpan file-file tadi (cd ).
Langkah terakhir, ketik command berikut ini:
sudo dpkg -i *.deb
masukan password anda.



Tunggu hingga proses instalasi selesai.


Jika sudah selesai seperti diatas, anda tinggal restart/reboot untuk menggunakan kernel baru. kernel bisa di cek dengan mengetikan command ini pada terminal:
uname -a


Q&A

Q: Ini untuk Linux Mint? Ubuntu bisa ga?
A: Cara ini bisa digunakan untuk Ubuntu dan semua turunannya, termasuk Linux Mint :)

Q: BTW, memangnya bisa digunakan tuh kernel? Kan disitu ditulisnya "Oneiric".
A: Bisa, meskipun pada direktori situsnya ada kata Oneiric, tetapi kernel didalamnya bisa digunakan untuk turunan Ubuntu dari versi berapapun. Saya aja bikin tutorial ini di Linux Mint 10 yang berbasis Ubuntu 10.10 Maveric Meerkat.

Q: Ada hardware saya yang tidak bisa digunakan setelah upgrade kernel. Gimana dong?
A: Pada kernel sebelumnya anda menginstall driver untuk hardware tersebut? Jika iya, anda harus menginstall kembali. Jika tidak pernah menginstall driver apa-apa sebelumnya maka kemungkinan besar module hardware yang anda butuhkan dihilangkan pada kernel yang sudah dipaket ini. Hal ini kadang terjadi di kernel yang sudah di paket tetapi sangat jarang terjadi jika anda compile kernel sendiri. Untuk solusinya, anda silahkan cari module yang dihilangkan tersebut atau anda bisa kembali gunakan kernel anda sebelumnya.

Q: Yes! Saya berhasil! tapi gimana caranya menghapus kernel yang tidak terpakai?
A: Silahkan lihat tulisan saya yang ini. Oh iya, sebaiknya sisakan 1 kernel yang ada disistem sehingga anda bisa berpindah ke kernel tersebut apabila anda mengalami masalah pada kernel yang sedang anda gunakan.

Q: Ubuntu yang saya gunakan memang 64 bit, tapi prosesor saya Intel, apa tidak jadi masalah jika saya mendownload file kernel tersebut yang ada tulisan amd64?
A: Tidak masalah. Itu hanya penamaan saja.

[Sapapun boleh copy-paste semua artikel di blog ini. Ndak perlu minta ijin dan saya ga rewel harus dicantumkan sebagai sumber. Dicantumkan sebagai sumber yaa bersyukur, ga dicantumkan juga ga apa-apa. :)]

sumber

0 komentar:

Posting Komentar