Jumat, 30 Maret 2012 - , 0 komentar

Kejutan di Pagi hari

Assalamu'alaikum sobat linux, kali ini saya pengen sekali share tentang hal yang bisa dibilang surprise lah buat saya, sesuatu yang saya usahakan akhir-akhir ini, yaitu berinternet ria dengan modem Evdo Flexi Flash One menggunakan jaringan Evdo. Sinyal Evdo flexi memang masih sulit di dalam rumah saya, khususnya di dalam kamar, dengan beragam cara, perpanjang kabel usb, pake' tutup panci, pakai sendok, kaset cd, belum juga membuahkan hasil yang memuaskan, sinyal evdo hanya bertambah 2 atau 3 baris dari sebelumnya tidak sinyal sama sekali, itupun juga loadingnya masih berat, melihat statistik 'uplink' dan 'downlink' yang tidak tembus lebih dari 13an kb (dalam hal ini saya memncoba di windows 8).

Hmm.... disaat situasi yang membingungkan ini, ada sesuatu yang benar-benar membuat hati saya gembira, cie...ciee...hehehe...., Saya masuk ke ubuntu 11.10, dan seperti biasa memantau kondisi sinyal internet evdo lewat tool CrossPlatformUI, tool yang penampakannya atau tampilannya hampir sama dengan driver modem yang diinstal di windows bawaan modem, tapi ini buatan ZTE. Seperti biasa sinyal Evdo atau Rev.A menunjukkan full bar, meskipun saya belum percaya apakah benar-benar full bar, kenyataanya sewaktu saya pake' alat-alat penguat sinya, kadang sinyal itu berubah, menjadi 2 baris dari sebelumnya 5 baris (fullbar). Sedikit iseng mungkin, saya langsung saja connect dengan mengabaikan apakah sinyal fullbar itu hoax atau bukan, karena ehasil connect maka saya mencoba untuk 'dist-upgrade' system ubuntu 11.10 saya, hanya sekedar memastikan
berikut transfer rate yang saya dapat di terminal:

berikut tampilan CrossPlatfomUI saat screensot diatas diambil:
 dan berikut screenshot saat saya mengunggah gambar diatas:
bagaimana pendapat sodara-sodara???? hehe... ^_^

NB: untuk hasil diatas, saya mengganti apt-get dengan apt-fast yang katanya bisa menambah kecepatan download karena apt-fast dibantu oleh download accelerator yaitu axel, kemudian saya juga menggunakan bantuan sendok yang dilingkarkan di modem untuk menambah sinyal, tapi asal sobat linux tahu, bahwa dengan ataupun tanpa sendok-pun CrossPlatformUI tetap menunjukkan fullbar ketika jaringan diatur dalam modus EVDO,
saya menggunakan kartu Smartfren untuk ujicoba ini, karena paket flexi Evdo belum ada sistem harian, tapi kalo' Smartfren kan sudah ada, meskipun lebih mahal 2x lipat, yaitu 5000/hari. Oya, saya bukan pegawai Smartfren lho..tapi cuma mau share pengalaman aja, hehe....

Ini ceritaku, mana ceritamu?? hehe... ^_^

0 komentar:

Posting Komentar