Kamis, 15 Maret 2012 - 4 komentar

Online dengan Modem Flexi Evdo Flash One di Ubuntu 11.10

Akhirnya, setelah sekian lama mengembara di dunianya maya (dunia maya maksudnya, hehe..) saya temukan juga tutorial yang Insya Allah akan memudahkan jalan dalam mengkoneksikan modem sodara-sodara di ubuntu, dengan tampilan GUI, jadi lebih mudah, bisa sms, atau telpon (karena ada fiturnya) jadi kita gak repot-repot registrasi lagi dari windows, hehehe.... silakan disimak sodara-sodara....

Mobile Data Monitoring Application (MDMA) atau biasa disebut aplikasi dialer untuk USB modem biasanya telah disertakan pada setiap modem masing-masing. Namun kebanyakan aplikasi tersebut hanya tersedia untuk sistem operasi Windows dan Mac, sementara untuk Linux khususnya Ubuntu masih sangat jarang produsen Modem baik CDMA maupun GSM yang menyertakan dalam produk atau menyediakan pada situsnya.

Beberapa Merk USB modem diantaranya Huawei dan ZTE telah memberi dukungan paket MDMA pada produk mereka untuk sistem operasi Linux. Huawei menyediakan aplikasi Mobile Partner sementara ZTE menyediakan dialer bernama ZTEMT UI yang dipaket dalam crossplatformui.

Download melalui link ini CrossPlatformUI-V2.0.6 atau langsung mengunjungi halaman download situs ztemt.com.cn ini. Meskipun ini untuk modem ZTE, tapi saya juga mencobanya dengan modem Flash One Flexi Evdo saya, dan ternyata berhasil connect, walaupun untuk browsing masih cukup lama, tapi yang penting bisa terkoneksi dulu, karena mungkin ini pengaruh dari modem yang dipakai



Saat menginstall CrossPlatformUI, sebagian pengguna Ubuntu mungkin akan menjumpai masalah kegagalan kompilasi ke dalam kernel. Meski proses kompilasi gagal, namun aplikasi ZTEMT UI tetap terinstall ke dalam sistem dan akibatnya, setiap kali pengguna menginstall paket aplikasi selalu muncul pesan kesalahan "E: crossplatformui: subprocess installed post-installation script returned error exit 2".

Untuk memperbaiki masalah munculnya pesan kesalahan tersebut silahkan membaca dan mengikuti pandauan yang telah ditulis oleh seorang kawan blogger di sini.

Masalah belum selesai, mungkin dari sobat linux ada yang mengalami kendala seperti ini
 mengatasi permasalahn tersebut ada sebuah komunitas di facebook (saya juga belum tahu komunitasnya apa ^_^) membuat paket sederhana yang dinamakan CDMA-modem-switcher.
CDMA-modem-switcher dapat digunakan untuk mengenali berbagai jenis dan merk modem diantaranya: BLUE LINK BL-EV08C EVDO, Prolink P2000, Haier CE682, Venus Fast2, Haier C700 HP, Venus VT-18 N EVDO Multi, Venus VT-18 EVDO, Venus VT-80 N, ZTE AC682, ZTE AC2726, ZTE MF620, ZTE MF622, ZTE MF628, ZTE MF626, ZTE MF636, ZTE MF638, ZTE AC8710, ZTE AC2710, ZTE 6535-Z, Novatel U727, Novatel U760 dan beberapa type dan merk modem lain yang dikenali oleh USB-modeswitch karena pengenalan device pada CDMA-modem-switcher ini sebagian besar didasarkan paket USB-modeswitch.

Setelah anda mendownload dan berhasil menginstall CrossPlatformUI 2.0.6 dan memperbaiki masalah error seperti yang telah kami kemukakan di atas, silahkan download dan install paket CDMA-modem-switcher melalui link  CDMA-modem-switcher 0.1 

Utuk pengguna modem ZTE yang gagal dikenali dan bagi pengguna modem selain ZTE, untuk dapat menjalankan ZTEMT UI silahkan ikuti panduan berikut ini:

Penting!!!: Bagi pengguna modem ZTE yang gagal terdeteksi, setelah menginstall CDMA-modem-switcher, download CDMA-modem-switcher 0.2 ini, extract sehingga mendapatkan dua file .rules baru, jalankan nautilus sebagai root lalu copy paste kedua file tersebut kedalam folder /etc/udev/rules.d untuk menimpa file yang telah ada.

Jalankan terminal lalu copy paste atau ketik perintah berikut:


Penting!!!: perhatikan penulisan besar kecil huruf, penggunaan spasi, titik, koma dan tanda lainnya karena itu berpengaruh pada sistem Linux.


Update: Pengguna modem ZTE tidak perlu melakukan langkah ini.

sudo mv /usr/local/bin/ztemtApp/Config.xml /usr/local/bin/ztemtApp/Config.xml.bak

Lanjutkan dengan meng-copy paste atau ketik perintah berikut:

sudo cp /usr/local/bin/ztemtApp/APTConfig.xml /usr/local/bin/ztemtApp/Config.xml

Tutup jendela terminal lalu coba tancapkan modem Anda. Tunggu beberapa saat lalu jalankan aplikasi ZTEMT UI...

Jika modem berhasil dikenali, maka akan muncul tampilan seperti ini:

Jika jendela aplikasi telah terbuka silahkan mulai pengaturan melalui menu Settings

 Coba lakukan koneksi, dalam beberapa kasus modem lama merespon, Anda dapat mendiskonek lalu mencoba mengkonekkan kembali. Jika belum berhasil Anda dapat mencoba mengubah mode dari Hybrid ke mode EVDO atau sebaliknya melalui menu Settings lalu kembali mencoba untuk mendial...

Jika Anda beruntung maka modem akan berhasil terhubung ke internet...

 Demikin tutorialnya, selamat bereksperimen dengan modem masing-masing.. ^_^

sumber

4 komentar:

Anonim 18 April 2012 pukul 08.43

Gak pernah berhasil pakek yang ini Mas... :)

Ncuz's Blog 25 April 2012 pukul 21.54

SAya lancar mas pake ini, hehe...tapi pas downgrade kembali k 10.04 malah gak bisa, muncul tampilan tapi lum bisa connect

Unknown 22 Desember 2012 pukul 17.52

Bagi Donk mas CrossPlatformUI ,uploud lg di zidu atau 4shared atau jg kirimin lwat email saya mas? pliss... Langsung dr sutusnya gagal melulu

Anonim 26 Desember 2012 pukul 09.35

tolong upload cdma modem switcher, link rusak/tidak bisa untuk download...

Posting Komentar