Minggu, 05 Agustus 2012 - 7 komentar

Sharing Internet Via Modem di Ubuntu Dengan Android

Pagi Sobat Ubuntu (bagi yang membaca treath ini di pagi hari,hehe), pagi ini saya kembali pengen nulis sesuatu, sesuatu yang akan membuat sobat ubuntu mengerti akan sesuatu, sehingga sesuatu ini bisa digunakan untuk sesuatu, yang nantinya sobat ubuntu tahu sesuatu. Hahahaha.....malah ngelantur,
Oke langusng saja. Biasanya kita mengenal ada software yang namanya Connectivy di windows, yaitu tool yang digunakan untuk berbagi koneksi internet ke user lain. Di Ubuntu kita juga bisa share koneksi internet layaknya tool Connectivy dengan bermodalkan modem yang tertancap di perangkat komputer/laptop kita, caranya:

Install dulu tool yang kita gunakan, yaitu hostapd dan dhcp-server
 sudo apt-get install dhcp3-server hostapd

Buat file hostapd.conf di home folder

cd ~
sudo gedit hostapd.conf

Masukkan script berikut di dalam hostapd.conf 
interface=wlan0
driver=nl80211
ssid=isiterserahkamu
channel=1
hw_mode=g
auth_algs=1
wpa=3
wpa_passphrase=isiterserahkamu
wpa_key_mgmt=WPA-PSK
wpa_pairwise=TKIP CCMP
rsn_pairwise=CCMP


 
Pada ssid dan wpa_passphrase, silahkan isi terserah yang sobat mau. Nantinya itu akan menjadi nama hotspot dan passwordnya.
Kemudian simpan dan tutup file.
 
Masuk ke file dhcpd.conf di /etc/dhcp
sudo gedit /etc/dhcp/dhcpd.conf 
 
Tambahkan script berikut di baris paling bawah dhcpd.conf
option subnet-mask 255.255.255.0;
default-lease-time 600;
max-lease-time 7200;

option domain-name-servers 8.8.8.8, 8.8.4.4 ;
subnet 192.168.1.0 netmask 255.255.255.0 {
range 192.168.1.10 192.168.1.254;
option broadcast-address 192.168.1.255;
option routers 192.168.1.1;
}

keterangan: DNS yang akan digunakan adalah dari Mbah Google :D. Sedangkan range IP host adalah 192.168.1.10 sampai dengan 192.168.1.254. Sedangkan router dalam hal ini adalah laptop kita, menggunakan IP 192.168.1.1.
Simpan dan tutup file.
 
Masuk ke file isc-dhcp-server di /etc/default
sudo gedit /etc/default/isc-dhcp-server 
 
Di INTERFACES="" silahkan beri value wlan0,
INTERFACES="wlan0"
simpan dan tutup file

Masuk ke file sysctl.conf di /etc
sudo gedit /etc/sysctl.conf 
 
Hilangkan tanda pagar pada #net.ipv4.ip_forward=0 , dan ubah 0 menjadi angka 1. Simpan dan tutup file.
keterangan: di Ubuntu saya  net.ipv4.ip_forward=1, jadi tidak perlu ganti lagi.
 
Masuk ke file rc.local di folder yang sama (/etc)  
sudo gedit /etc/rc.local

Tambahkan script berikut sebelum exit 0
/sbin/iptables -t nat -A POSTROUTING -o ppp0 -j MASQUERADE



simpan dan tutup file



Buat file hostapd.sh di home folder
cd ~
sudo gedit hostapd.sh

Masukkan script berikut :   
#!/bin/sh -e
sudo hostapd -B hostapd.conf
sleep 1
sudo ifconfig wlan0 inet 192.168.1.1
sleep 1
sudo /etc/init.d/isc-dhcp-server start
exit

Selesai. Untuk menjalankannya, setelah kita men-connect-kan modem kita ke internet, silahkan jalankan script tersebut di home folder
  sh hostapd.sh

Selamat Bereksperimen 













»»  Next...
Kamis, 02 Agustus 2012 - 3 komentar

Solusi EROR CrosspalformUI Di Ubuntu

Sudah lama gak ngeblog, Alhamdulillah hari ini dapet ilmu baru, dan sudah saya coba pada Ubuntu 12.04 punya saya.
Jadi langsung saja, jika sobat ubuntu punya masalah seperti ini saat remove CrossplatfomUI

Removing crossplatformui ...
ztemtvcdromd: no process found
dpkg: error processing crossplatformui (--remove):
 subprocess installed post-removal script returned error exit status 1
Errors were encountered while processing:
 crossplatformui
E: Sub-process /usr/bin/dpkg returned an error code (1)

mungkin sobat ubuntu bisa mencoba solusi yang sudah saya coba ini:

- Backup file original sobat, caranya dengan mengetik sudo cp /var/lib/dpkg/status /var/lib/dpkg/status.orig

- Ketik, buka, dan edit gksudo gedit /var/lib/dpkg/status 

- Cari tulisan Package: crossplatformui  , block tulisan tersebut sampai   kebawah, dan delete tulisan tersebut (perhatikan jarak spasi antar package)  lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini 
- Save, dan keluar. Buka terminal dan coba ketik lagi sudo dpkg -r crossplatformui, jika muncul tulisan "dpkg: warning: there's no installed package matching crossplatformui" maka masalah sobat sudah teratasi, 

Silahkan sobat ketik sudo apt-get update dan error yang tadi muncul sudah hilang. Sekali lagi, cara ini sudah saya coba di Ubuntu 12.04 saya.


Selamat Mencoba
»»  Next...
Jumat, 04 Mei 2012 - 0 komentar

Perbaiki Grub/Burg yang HIlang Setelah Instal Windows

Ini threat lama sebenarnya, tapi tak apalah , karena mungkin masih banyak temen-temen yang bingung karena Grub/Burg Ubuntu hilang setelah install windows.
Oke, langsung saja kalo gitu
yang pertama, booting dengan CD atau Flaskdisk Ubuntu anda
kedua, buka terminal setelah tampilan ubuntu keluar
ketiga, ketik:  sudo fdisk -l untuk mengetahui letak dimana ubuntu terinstal, akan muncul tulisan semacam ini:
Device Boot      Start         End       Blocks   Id  System
/dev/sda1   *           1        2523      20265966    7  HPFS/NTFS
/dev/sda2            2524        9729    57882164+   f  W95 Ext’d (LBA)
/dev/sda5            2524        5729    25748435    7  HPFS/NTFS
/dev/sda6            7596        9607    16161358+  83  Linux
/dev/sda7            9608        9729      979933+  82  Linux swap / Solaris

Dari informasi yang muncul terlihat kalau partisi yang di instal ubuntu adalah /dev/sd6 
Mount partisi Ubuntu dengan menulis baris perintah ini:
# mkdir /media/ubuntu/ ; mount /dev/sda6 /media/ubuntu 
Setelah itu, kita mount /dev/ /proc/ /sys/ dengan cara:
# mount -t proc /proc/ /media/ubuntu/proc/
# mount -t sysfs /sys/ /media/ubuntu/sys/
# mount -o bind /dev/ /media/ubuntu/dev/
 
 
kemudian ketik perintah ini:
# chroot /media/ubuntu/  
kalau sudah, instal grubnya
# grub-install /dev/sda  
update grub dengan:
# update-grub

kalo' sebelumnya temen-temen sudah menginstal Burg sebagai pengganti Grub, dan ingin memakainya lagi, tinggal instal Burg lagi dengan mengetik:
# burg -install /dev/sda
# update-burg 
»»  Next...
Kamis, 12 April 2012 - , 0 komentar

ReactOS, Alternatif Pengganti Untuk Windows XP

Adakah dari temen-temen yang masih setia menggunakan windows XP? hehe.... tahu gak kalo dukungan untuk windows XP dari microsoft akan dihentikan kurang dari 2 tahun atau tepatnya pada tahun 2014?? nahhh loooo....!gak bisa update lagi dong???
Tapi tenang, bagi temen-temen yang masih menggunakan XP dan takut ketinggalan update dari systemnya, mungkin bisa memilih ReactOS, OS ini yang beritanya merupakan OS yang sangat mirip dengan Windows XP, dikembangkan pengembang asal Rusia, dan tentunya OPEN SOURCES dan gratis digunakan, hooreeee....!!! dapat gratis lagii...!! ^_^

Dalam situs mereka, ReactOS digambarkan sebagai OS yang bersifat open-source dan gratis digunakan, berbasiskan pada Windows NT dimana mendukung aplikasi serta driver yang sudah tersedia. Sayangnya OS baru ini masih dalam tahap pengembangan, dan dijanjikan akan juga kompatibel dengan software dan hardware dari Windows XP.
berikut screenshotnya:

bagaimana?? mirip windows XP gak?? hehe...kalo menurut saya pribadi dari tampilan sekilas mirip sama windows 2000. Untuk info selengkapnya, silahkan temen-temen mampir ke websitenya lewat sini
»»  Next...
Senin, 02 April 2012 - 0 komentar

Percepat Koneksi Internet di Ubuntu

Ada sedikit trik nih buat mempercepat koneksi internet di Ubuntu. Sistem kerjanya yaitu mengoptimalkan kecepatan reload data saat kita berinternet. Jadinya nanti di browser akan terasa lebih cepat memunculkan halaman. Silahkan di review sendiri-sendiri deh ya. :D kalo di mesin saya sih trik ini lumayan kerasa. :D

Yuk langsung aja, berikut cara-caranya :

1. Buka terminal, lalu ketikkan perintah berikut :

sudo gedit /etc/sysctl.conf

2. Lalu kopikan skrip berikut di baris paling bawah :

# increase TCP max buffer size setable using setsockopt()

net.core.rmem_max = 16777216

net.core.wmem_max = 16777216
# increase Linux autotuning TCP buffer limits
# min, default, and max number of bytes to use
# set max to at least 4MB, or higher if you use very high BDP paths
net.ipv4.tcp_rmem = 4096 87380 16777216
net.ipv4.tcp_wmem = 4096 65536 16777216
# don't cache ssthresh from previous connection
net.ipv4.tcp_no_metrics_save = 1
net.ipv4.tcp_moderate_rcvbuf = 1
# recommended to increase this for 1000 BT or higher
net.core.netdev_max_backlog = 2500
# for 10 GigE, use this, uncomment below
# net.core.netdev_max_backlog = 30000
# Turn off timestamps if you're on a gigabit or very busy network
# Having it off is one less thing the IP stack needs to work on
#net.ipv4.tcp_timestamps = 0
# disable tcp selective acknowledgements.
net.ipv4.tcp_sack = 0
#enable window scaling

net.ipv4.tcp_window_scaling = 1



»»  Next...
Jumat, 30 Maret 2012 - , 0 komentar

Kejutan di Pagi hari

Assalamu'alaikum sobat linux, kali ini saya pengen sekali share tentang hal yang bisa dibilang surprise lah buat saya, sesuatu yang saya usahakan akhir-akhir ini, yaitu berinternet ria dengan modem Evdo Flexi Flash One menggunakan jaringan Evdo. Sinyal Evdo flexi memang masih sulit di dalam rumah saya, khususnya di dalam kamar, dengan beragam cara, perpanjang kabel usb, pake' tutup panci, pakai sendok, kaset cd, belum juga membuahkan hasil yang memuaskan, sinyal evdo hanya bertambah 2 atau 3 baris dari sebelumnya tidak sinyal sama sekali, itupun juga loadingnya masih berat, melihat statistik 'uplink' dan 'downlink' yang tidak tembus lebih dari 13an kb (dalam hal ini saya memncoba di windows 8).

Hmm.... disaat situasi yang membingungkan ini, ada sesuatu yang benar-benar membuat hati saya gembira, cie...ciee...hehehe...., Saya masuk ke ubuntu 11.10, dan seperti biasa memantau kondisi sinyal internet evdo lewat tool CrossPlatformUI, tool yang penampakannya atau tampilannya hampir sama dengan driver modem yang diinstal di windows bawaan modem, tapi ini buatan ZTE. Seperti biasa sinyal Evdo atau Rev.A menunjukkan full bar, meskipun saya belum percaya apakah benar-benar full bar, kenyataanya sewaktu saya pake' alat-alat penguat sinya, kadang sinyal itu berubah, menjadi 2 baris dari sebelumnya 5 baris (fullbar). Sedikit iseng mungkin, saya langsung saja connect dengan mengabaikan apakah sinyal fullbar itu hoax atau bukan, karena ehasil connect maka saya mencoba untuk 'dist-upgrade' system ubuntu 11.10 saya, hanya sekedar memastikan
berikut transfer rate yang saya dapat di terminal:

berikut tampilan CrossPlatfomUI saat screensot diatas diambil:
 dan berikut screenshot saat saya mengunggah gambar diatas:
bagaimana pendapat sodara-sodara???? hehe... ^_^

NB: untuk hasil diatas, saya mengganti apt-get dengan apt-fast yang katanya bisa menambah kecepatan download karena apt-fast dibantu oleh download accelerator yaitu axel, kemudian saya juga menggunakan bantuan sendok yang dilingkarkan di modem untuk menambah sinyal, tapi asal sobat linux tahu, bahwa dengan ataupun tanpa sendok-pun CrossPlatformUI tetap menunjukkan fullbar ketika jaringan diatur dalam modus EVDO,
saya menggunakan kartu Smartfren untuk ujicoba ini, karena paket flexi Evdo belum ada sistem harian, tapi kalo' Smartfren kan sudah ada, meskipun lebih mahal 2x lipat, yaitu 5000/hari. Oya, saya bukan pegawai Smartfren lho..tapi cuma mau share pengalaman aja, hehe....

Ini ceritaku, mana ceritamu?? hehe... ^_^
»»  Next...
Minggu, 25 Maret 2012 - 0 komentar

Para Hacker Rilis OS Mereka (Anonymous OS)


Grup Hacker 'Anonymous' Rilis Desktop OS Khusus Ciptaan Mereka Sendiri
Kelompok hacker yang paling terkenal saat ini yaitu ‘Anonymous Operations’ baru saja merilis sebuah desktop OS yang dikembangkan oleh kelompok mereka sendiri. OS yang diberi nama ‘Anonymous-OS’ tersebut dibuat dengan berbasis pada Ubuntu 11.10 serta menggunakan environment dari Mate desktop.



OS tersebut juga telah dilengkapi dengan berbagai pre-installed tools yang tampaknya telah menjadi serangkaian perangkat standar dari kelompok Anonymous, sayangnya masih belum jelas siapakah sosok utama di balik pembuatan OS tersebut. Pre-installed tools yang dihadirkan dalam OS tersebut antara lain:

- ParolaPass Password Generator
- Find Host IP
- Anonymous HOIC
- Ddosim
- Pyloris
- Slowloris
- TorsHammer
- Sqlmap
- Havij
- Sql Poison
- Admin Finder
- John the Ripper
- Hash Identifier
- Tor
- XChat IRC
- Pidgin
- Vidalia
- Polipo
- JonDo
- i2p
- Wireshark
- Zenmap
- dan masih banyak lagi.

Akun Tumblr Anonymous OS menyatakan bahwa OS tersebut ‘diciptakan untuk tujuan pembelajaran, serta untuk memeriksa/menguji tingkat keamanan sebuah halaman web,’ dan mereka sangat menganjurkan agar para penggunanya tidak mempergunakan OS tersebut sebagai ‘alat untuk merusak halaman web apapun.’ Anonymous OS versi 0.1 telah tersedia secara gratis bila Anda berminat untuk mendownloadnya, namun Anda harus benar-benar berhati-hati dalam penggunaannya.

»»  Next...
Minggu, 18 Maret 2012 - 0 komentar

Instal Ubuntu Tweak di Ubuntu 11.04/11.10

Hmm....hari minggu dirumah terus, bingung mau ngapain, mumpung paket internet modem saya masih ada update blog aja, hehehe...
Kali ini saya mau share tentang cara menginstal ubuntu tweak, oke langsung aja,

Buka terminal (Ctrl+Alt+T)

Ketik perintah ini:
sudo add-apt-repository ppa:tualatrix/next
sudo apt-get update
sudo apt-get install ubuntu-tweak

Dah, cukup segitu aja, hehe...singkat, padat, dan jelas..
ditunggu komentarnya dan selamat mencoba ^_^ 
»»  Next...
- 4 komentar

Ubah Tampilan LightDM menjadi 3D (Crowd Greeter)

Jadi inget dulu pernah baca artikel yang menarik tentang tampilan login atau ubah tampilan login LightDM menjadi 3D (Crowd Greeter), dan mumpung sekarang sudah make' Ubuntu 11.10 jadi pengen coba lagi tutorial itu. Setelah browsing sana-sini akhirnya ketemu tutorial itu disini, tanpa mikir panjang, hehe...langsung saya praktekan ilmu itu ^_^

Download dulu paketnya disini
Install paket crowd greeter, dan setelah itu buka terminal (Ctrl+Alt+T) lalu ketik perintah berikut untuk mengkonfigurasi LightDM supaya menggunakan greeter

sudo gedit /etc/lightdm/lightdm.conf


...pada gedit yang telah terbuka, cari dan edit hanya pada baris berikut...

greeter-session=unity-greeter

...ubah "unity-greeter" menjadi "crowd-greeter" sehingga isi keseluruhan lightdm.conf menjadi seperti ini...

[SeatDefaults]
greeter-session=crowd-greeter
user-session=ubuntu

...simpan perubahan, lalu tutup jendela gedit.
jika berhasil, maka tampilan loginnya akan berubah menjadi seperti ini:


sebenarnya saya pengen menampilkan login pada ubuntu saya, tapi berhubung saya belum tahu cara merekam langsung dari laptop maka saya carikan gambar ini dari google search, heheh....
selamat mencoba ^_^
»»  Next...
Kamis, 15 Maret 2012 - 4 komentar

Online dengan Modem Flexi Evdo Flash One di Ubuntu 11.10

Akhirnya, setelah sekian lama mengembara di dunianya maya (dunia maya maksudnya, hehe..) saya temukan juga tutorial yang Insya Allah akan memudahkan jalan dalam mengkoneksikan modem sodara-sodara di ubuntu, dengan tampilan GUI, jadi lebih mudah, bisa sms, atau telpon (karena ada fiturnya) jadi kita gak repot-repot registrasi lagi dari windows, hehehe.... silakan disimak sodara-sodara....

Mobile Data Monitoring Application (MDMA) atau biasa disebut aplikasi dialer untuk USB modem biasanya telah disertakan pada setiap modem masing-masing. Namun kebanyakan aplikasi tersebut hanya tersedia untuk sistem operasi Windows dan Mac, sementara untuk Linux khususnya Ubuntu masih sangat jarang produsen Modem baik CDMA maupun GSM yang menyertakan dalam produk atau menyediakan pada situsnya.

Beberapa Merk USB modem diantaranya Huawei dan ZTE telah memberi dukungan paket MDMA pada produk mereka untuk sistem operasi Linux. Huawei menyediakan aplikasi Mobile Partner sementara ZTE menyediakan dialer bernama ZTEMT UI yang dipaket dalam crossplatformui.

Download melalui link ini CrossPlatformUI-V2.0.6 atau langsung mengunjungi halaman download situs ztemt.com.cn ini. Meskipun ini untuk modem ZTE, tapi saya juga mencobanya dengan modem Flash One Flexi Evdo saya, dan ternyata berhasil connect, walaupun untuk browsing masih cukup lama, tapi yang penting bisa terkoneksi dulu, karena mungkin ini pengaruh dari modem yang dipakai



Saat menginstall CrossPlatformUI, sebagian pengguna Ubuntu mungkin akan menjumpai masalah kegagalan kompilasi ke dalam kernel. Meski proses kompilasi gagal, namun aplikasi ZTEMT UI tetap terinstall ke dalam sistem dan akibatnya, setiap kali pengguna menginstall paket aplikasi selalu muncul pesan kesalahan "E: crossplatformui: subprocess installed post-installation script returned error exit 2".

Untuk memperbaiki masalah munculnya pesan kesalahan tersebut silahkan membaca dan mengikuti pandauan yang telah ditulis oleh seorang kawan blogger di sini.

Masalah belum selesai, mungkin dari sobat linux ada yang mengalami kendala seperti ini
 mengatasi permasalahn tersebut ada sebuah komunitas di facebook (saya juga belum tahu komunitasnya apa ^_^) membuat paket sederhana yang dinamakan CDMA-modem-switcher.
CDMA-modem-switcher dapat digunakan untuk mengenali berbagai jenis dan merk modem diantaranya: BLUE LINK BL-EV08C EVDO, Prolink P2000, Haier CE682, Venus Fast2, Haier C700 HP, Venus VT-18 N EVDO Multi, Venus VT-18 EVDO, Venus VT-80 N, ZTE AC682, ZTE AC2726, ZTE MF620, ZTE MF622, ZTE MF628, ZTE MF626, ZTE MF636, ZTE MF638, ZTE AC8710, ZTE AC2710, ZTE 6535-Z, Novatel U727, Novatel U760 dan beberapa type dan merk modem lain yang dikenali oleh USB-modeswitch karena pengenalan device pada CDMA-modem-switcher ini sebagian besar didasarkan paket USB-modeswitch.

Setelah anda mendownload dan berhasil menginstall CrossPlatformUI 2.0.6 dan memperbaiki masalah error seperti yang telah kami kemukakan di atas, silahkan download dan install paket CDMA-modem-switcher melalui link  CDMA-modem-switcher 0.1 

Utuk pengguna modem ZTE yang gagal dikenali dan bagi pengguna modem selain ZTE, untuk dapat menjalankan ZTEMT UI silahkan ikuti panduan berikut ini:

Penting!!!: Bagi pengguna modem ZTE yang gagal terdeteksi, setelah menginstall CDMA-modem-switcher, download CDMA-modem-switcher 0.2 ini, extract sehingga mendapatkan dua file .rules baru, jalankan nautilus sebagai root lalu copy paste kedua file tersebut kedalam folder /etc/udev/rules.d untuk menimpa file yang telah ada.

Jalankan terminal lalu copy paste atau ketik perintah berikut:


Penting!!!: perhatikan penulisan besar kecil huruf, penggunaan spasi, titik, koma dan tanda lainnya karena itu berpengaruh pada sistem Linux.


Update: Pengguna modem ZTE tidak perlu melakukan langkah ini.

sudo mv /usr/local/bin/ztemtApp/Config.xml /usr/local/bin/ztemtApp/Config.xml.bak

Lanjutkan dengan meng-copy paste atau ketik perintah berikut:

sudo cp /usr/local/bin/ztemtApp/APTConfig.xml /usr/local/bin/ztemtApp/Config.xml

Tutup jendela terminal lalu coba tancapkan modem Anda. Tunggu beberapa saat lalu jalankan aplikasi ZTEMT UI...

Jika modem berhasil dikenali, maka akan muncul tampilan seperti ini:

Jika jendela aplikasi telah terbuka silahkan mulai pengaturan melalui menu Settings

 Coba lakukan koneksi, dalam beberapa kasus modem lama merespon, Anda dapat mendiskonek lalu mencoba mengkonekkan kembali. Jika belum berhasil Anda dapat mencoba mengubah mode dari Hybrid ke mode EVDO atau sebaliknya melalui menu Settings lalu kembali mencoba untuk mendial...

Jika Anda beruntung maka modem akan berhasil terhubung ke internet...

 Demikin tutorialnya, selamat bereksperimen dengan modem masing-masing.. ^_^

sumber
»»  Next...
Rabu, 14 Maret 2012 - 0 komentar

Pengalaman Merasakan Ubuntu 12.04 Beta

Akhirnya bisa juga menginstal ubuntu 12.04 ini, meskipun masih dual boot dengan windows, hehe.... Banyak hal yang pengen saya curahkan terkait dengan kesan-kesan saya setelah instal ubuntu versi LTS ini. Awalnya memang agak susah atau mungkin bisa dibilang takut untuk menginstal, khawatir bisa atau gak, karena pilihan menu yang sedikit berbeda dengan yang sebelumnya.
Oke sekalian saja saya sertakan gambarnya:

Seperti biasa, pada langkah pertama instalasi saya akan disuguhi dengan gambar seperti ini
 kemudian saya bisa langsung memilih Install Ubuntu atau mau mencoba priviewnya dulu dengan memilih Try Ubuntu

selanjutnya seperti ini:

Pada tahap ini saya centang Install this Third Party Software, gunanya untuk menginstal software dari pihak ke-3, tapi saat install saya tidak terhubung ke internet, jadi ya myngkin tetep belum bisa di instal software tambahan pihak ke-3 nya, hehehe...
Naahh.. selanjutnya bagian ini yang membuat saya bingung:
Pada fase ini kan berarti HP MINI saya tidak mendeteksi keberadaan OS lain, padahal saya juga sudah menginstal Windows 8 di HP MINI saya. Biasanya saya memilih yang Install Alongside Windows dan menyerahkan pembagian partisi instalasi pada default ubuntu dan tentu saja sebelumnya sudah saya siapkan partisi khusus buat ubuntu, tapi saya pilih aja yang "Something else" - Continue

Kemudian saya disuguhi tampilan ini


Salanjutnya saya bingung lagi, partisi yang sudah saya sediakan mau diapain, hehehe...maklum baru kali ini instal dengan partisi manual, saya klik 2x aja pada partisi yang sudah saya sediakan, dan ternyata muncul edit partition  tapi kurang lebih seperti ini:
membuat partisi SWAP
kemudian setelah saya atur partisi SWAP dan klik OK, maka pada tabel partisi di Instalasion Type akan muncul Free Space, nah pada Free Space ini saya membagi lagi partisi, untuk root  dan home, ilustrasinya ada pada gambar dibawah ini:
root (/), alokasikan sesuai kebutuhan dan nanti sisanya digunakan untuk partisi /home

/home
gambar pembagian partisi di atas menunjukkan type for the new partition adalah logical, tapi saya pribadi memilih Primary, karena saya belum begitu paham sebelumnya, hehe...

Setelah pembagian partisi selesai, maka saya langsung Install Now dan ikuti petunjuk seperti biasa...

demikian pengalaman saya yang pengen saya curahkan lewat tulisan ini, meskipun berbelit-belit, tapi tak apalah, yang penting sudah saya keluarkan uneg-uneg, saya, hehehe...dan semoga sobat linux bisa mendapat manfaat dari artikel ini

nb: bagi para mastah2 linux, mohon dikoreksi bila ada kesalahan dalam posting saya ini, makasih sebelumnya ^_^
»»  Next...
Minggu, 11 Maret 2012 - 2 komentar

Alhamdulillah...

Alhamdulillah... akhirnya kelar juga edit template baru, maaf karena template yang dulu ada trouble, belum bisa memberi solusi, n akhirnya ganti template lagi. Lumayan lah, jadinya lebih fresh da segar (bagi saya n bagi sobat linux tentunya, heheheh...)
Semoga kita bisa teep erus berbagi ilmu, pengalaman, n pengetahuan di dalam blog ini, yang nantinya bisa berguna bagi kita, orang-orang di sekeliling kita, agama, nusa dan bangsa (welleeehhh...lebaaayyy omm..)
Selamat menikmati suasana baru di blog ini, dan semoga informasi-informasi yang saya sajikan bisa benar-benar memberi manfaat n semoga para pembaca blog ini menjadi semakin cerdas. Amiin..
GO BLOGGING! ^_^
»»  Next...
Kamis, 08 Maret 2012 - 2 komentar

Rilis Wine 1.4 Stable

Setelah 20 bulan pengembangan, akhirnya Wine 1.4 yang stabil berhasil dirilis. Hmm...banyak perubahan dan perbaikan yang diusung dalam paket wine yang baru ini, diantaranya mesin grafik DIB yang baru, penulisan ulang audio stack yang dapat menggunakan Gstreamer, dukungan penuh untuk bidirectional text, dukungan ARM, dan masih banyak lagi, termasuk dukungan untuk aplikasi baru semisal Microsoft Office 2010, wuuiiihhh...ajiiibb! hehehe...
Sebenarnya masih banyak lagi pembaharuan, tapi berhubung saya belum tahu maksutnya (bukan artinya, tapi maksud dari pembaharuannya) sobat pembaca bisa membaca review lengkapnya di sini.
Oke! langsung saja bagi sobat pembaca yang ingin mengupgradeatau menginstal tool ini silakan ketik perintah-perintah ini di terminal:
  1. Buka terminal Ctrl+alt+T
  2. Tambahkan repositorynya :
    sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa
  3. update repository sudo apt-get update
  4. Instal wine sudo apt-get install wine1.3
kok wine1.3 omm???!!! hehe...tenang..santai dulu...
nama paketnya wine1.3 karena wine baru ini dibangun berpondasi atau berdasar dari pengembangan wine 1.3, waduhh..informasinya kok berbelit-belit, hehehe...ya begitulah kira-kira :D
Untuk pengguna Ubuntu 12.04 Precise Pangolin, update dari wine 1.4 sudah ada di repositoris, jadi gak perlu menambahkan PPA ini
-selamat mencoba- 
»»  Next...
Selasa, 06 Maret 2012 - , , , , 2 komentar

Kado Spesial

dengan mendapat kado spesial ini:
saya benar-benar mengucapkan:

Terima kasih buat Allah Subhanahu Wata'ala atas limpahan kasih sayangNya
Terima kasih buat orang tua saya yang telah meberikan pegorbanan atas segala ilmu yang telah saya capai
Terima kasih buat kakak saya yang telah membantu disaat saya benar-benar membutuhkan..
Terima kasih buat mas Rhosy atas hadiahnya..
dan tak lupa terima terima kasih kepada semua pembaca blog ini atas waktu dan apresiasinya

moga dengan hadiah ini bisa meningkatkan kemampuan saya dalam hal blog-memBlogging, hehehe...... :)


»»  Next...
Senin, 20 Februari 2012 - 8 komentar

Install Tool Backtrack 5 di Ubuntu

Bagi yang pengen ngerasain tool-tool dari Backtrack tapi gak pengen download file ISO nya, tenang saja, kita bisa mencobanya di ubuntu, karena sekarang Backtrack sudah memutuskan untuk beralih ke .deb

Tambahkan repository Backtrack lewat sudo gedit /etc/apt/sources.list
Repo resmi Backtrack
deb http://all.repository.backtrack-linux.org revolution main microverse non-free testing
deb http://32.repository.backtrack-linux.org revolution main microverse non-free testing
deb http://source.repository.backtrack-linux.org revolution main microverse non-free testing

Repo lokal juga ada:
deb http://backtrack.indowebster.com/repo/all revolution main microverse non-free testing
deb http://backtrack.indowebster.com/repo/32 revolution main microverse non-free testing
deb http://backtrack.indowebster.com/repo/source revolution main microverse non-free testing
 
Jangan lupa ketik log ini  wget -q http://all.repository.backtrack-linux.org/backtrack.gpg -O- | sudo apt-key add - 

Update repositorinya sudo apt-get update


Selamat mencoba
»»  Next...
- 2 komentar

Letak FIle yang di Download dari Terminal atau Synaptic Package Manager

Jadi penasaran, di folder letak file-file hasil upgrade atau download tersimpan??
Dapat referensi dari sini 
Ketik perintah ini di terminal ls /var/cache/apt/archives/



»»  Next...
Rabu, 15 Februari 2012 - , 0 komentar

Bobol Password WEP-PSK Dengan Linux

Kali ini, aku akan mencoba sedkit memberi penejelasan bagaimana sih cara membobol password hotspot yang bertipe wpa-psk dengan mudah.
Cara ini bisa menggunakan linux backtrack 4 dinal release atau linux apapun tertama asal sudah terinstall aplikasi aircrack-ng. Nda berlama-lama mari simak artikel berikut.
Pertama, siapkan CD Live Backtrack atau bisa make linux ubuntu dengan menginstall aplikasi aircrack-ng. Ketik perintah di bawah untuk menginstall aircrack-ng di linux ubuntu
sudo apt-get install aircrack-ng
Kedua,  masuk ke dekstop dengan perintah ~# startx (untuk yang make backtrack)
Ketiga,  buka konsole (terminal) dan ketikkan perintah untuk melihat interface device yang ada
sudo su
ifconfig -a
Keempt, ketikkan perintah di bawah untuk mengaktifkan interface wlan0
ifconfig wlan0 up
Kelima, sekarang gunakan aplikasi airmon-ng untuk airmon-ng membuat virtual interface mode monitor dengan mengetikkan perintah di bawah.
airmon-ng start wlan0
Keenam, monitorlah jaringan di sekitar kamu. Caranya ketiklah perintah ini.
airodump-ng mon0
cat : mon0 adalah interface virtual hasil dari airmon-ng tadi
Ketujuh, fokuskan monitoring jaringan hotspot yang ingin kita bobol passwordnya. Ketik lagi perintah berikut.
airodump-ng -w coba –channel 11 –bssid 001122334455 mon0
ket: memonitoring khusus jaringan yang memiliki bssid 00:11:22:33:44:55 pada channel 11 dan hasil dari monitoring di tulis pada file yang bernama ‘coba’
Selanjutnya, gunakan serangan dengan cara disconnect salah satu client  untuk mendapatkan paket handshake yang dibutuhkan untuk proses cracking
aireplay-ng -0 1 -a 001122334455 -c oo1cbfa13fe3 mon0
ket: aireplay-ng digunakan untuk mendisconnect salah satu client yaitu 00:1C:BF:A1:3F:E3 untuk mendapatkan paket handshake yang dibutuhkan untuk proses cracking
-0 : mode serangan deAuthentication
1 : dilakukan sebanyak 1x deAuth
Terakhir, setelah mendapatkan paket handshake, selanjutnya adalah proses cracking dengan menggunakan aircrack dan file password dengan existensi .lst atau .txt dengan perintah
aircrack-ng coba*.cap -w /pentest/passwords/wordlists/listpass.txt
ket : listpass.txt adalah file password yang saya buat sendiri dan terletak pada /pentest/passwords/wordlists/listpass.txt
Oiya, keberhasilan proses cracking tergantung ada tidaknya password yang ada di list password dengan password yang sebenarnya. Jika password yang digunakan pada jaringan tersebut ada di list password maka proses cracking akan berhasil dan jika password list yang kita miliki tidak mencatat password yang digunakan pada jaringan tersebut kemungkinan keberhasilan proses cracking akan gagal. Dan akhirnya, yang sedikit dari aku ini semoga membantu buat pengetahuan yang belum tau aja. 
 
 Selamat mencoba
»»  Next...
Jumat, 03 Februari 2012 - 0 komentar

Update: Audacious 3.2

Audacious 3.2, tool pemutar mp3 di Ubuntu yang mirip dengan Winamp di windows ini telah merilis versi finalnya. Apa saja yang ditanam pada Audacious versi terbaru ini, berikut penjelasan yang saya kutip dari sini
  • Plugin music library yang baru, yang memungkinkan kamu mencari seluruh koleksi musik kamu dan dengan mudah membuat daftar main.
  • MPRIS v2 dukungan yang memungkinkan Audacious untuk mengintegrasikan dengan Menu Suara Ubuntu atau GNOME Shell (melalui ekstensi seperti GNOME Shell MediaPlayer).
  • GTK interface improvements: tombol baru untuk mengaktifkan pencarian cepat baru on / off, tombol untuk menutup dan menambahkan playlist baru tab, menu drop-down untuk mengaktifkan dan menonaktifkan plugin visualisasi, dan item menu untuk menghapus file dari daftar main tidak tersedia.
  • Banyak perubahan yang berkaitan dengan penanganan playlist besar (puluhan ribu entri) lebih efisien.
  • Waktu startup, penggunaan memori, dan disk writer dikurangi secara significant. 
Untuk menginstalnya di ubuntu 11.10 atau 12.04 atau 10.10 seperti yang saya lakukan berikut caranya: 
  1. buka terminal
  2. ketik atau copas kode command dibawah ini:
sudo add-apt-repository ppa:nilarimogard/webupd8 
sudo apt-get update 
sudo apt-get install audacious

Berikut screenshotnya

gtk interface:

winamp classic interface:

-Selamat Mencoba-


»»  Next...
- 4 komentar

Membaca File *.prc di Ubuntu


Lagi ketagihan serial Sherlock Holmes, udah liat filmnya, sekarang pengen baca novelnya, hehe... di pamerin do'i katanya novelnya bagus, mumpung dirumah ada modem iseng-iseng deh cari file e-booknya di internet. Ketemu! dan ternyata setelah di ekstrak filenya dalam bentuk *.prc, duhh...gimana niihh... kalo di windows kita bisa install mobipocket reader buat baca file ini, tapi kalo di ubuntu???

setelah cari-cari info dari google, ternyata ketemu juga solusinya, namanya fbreader, tool ini yang akan membantu saya, dan kita, untuk membaca file dengan format *.prc.

Instalasinya cukup mudah
  1. jalankan Terminal
  2. ketik sudo apt-get install fbreader
Selesai, dan kita bisa membaca file dengan format *.prc

ni screenshotnya ^_^


- Selamat mencoba -

»»  Next...
Rabu, 01 Februari 2012 - 0 komentar

MAEN PS DI UBUNTU


Nostalgia sama game Crash Team Racing? Dino Crisis? seri Final Fantasy? Pengen main game PS tapi ga punya PS? Jangan khawatir, Ubuntu bisa dipake buat maen PS kok :)
Mau tau caranya?
Ok, mari kita mulai...


Langkah 1:
Masukan repo getdeb terlebih dahulu, terutama yg untuk bagian games. Buka terminal kemudian ketik:


sudo gedit /etc/apt/sources.list
Setelah itu tambahkan dua repo getdeb di bawah ini:
deb http://archive.getdeb.net/ubuntu lucid-getdeb apps
deb http://archive.getdeb.net/ubuntu lucid-getdeb games


Save (Ctrl+S), kemudian tutup. Setelah itu di terminal ketik:
sudo apt-get update

note: repo getdeb diatas untuk lucid, klo pengguna maverick tinggal ganti aja yg "lucid" jadi maverick

Langkah 2:
Setelah update selesai, sekarang mari kita instal PCSX, di terminal ketik:
sudo apt-get install pcsxr

Langkah 3:
Setelah instalasi selesai, Situ bisa buka PCSX di Games > PCSX tapi blom bisa dimainin karena ga ada BIOS PS nya.
BIOS PS yang banyak digunakan adalah SCPH 1001 dan SCPH7502, meskipun sebenernya semua game bisa dijalankan di BIOS SCPH7502 tapi SCPH1001 ini penting klo misalnya ada yg ga bisa jalan di SCPH7502.
so download aja keduanya disini:
BIOS PSX (scph1001.bin)
BIOS PSX (scph7502.bin)



Langkah 4:
Setelah kedua BIOS itu di download, ekstrak kedua file tersebut, kemudian copy file SCPH1001.bin dan SCPH7502.bin ke ~/.pcsx/bios/
Caranya, cukup tekan Ctrl+H di File manager hingga semua folder dan file yg mempunyai tanda titik di depannya muncul semua, lalu cari dan klik folder .pcsx > bios kemudian paste deh kedua file tsb. lihat gambar


Langkah 5:
Buka PCSX di Games > PCSX
Klik Configuration > Plugins & BIOS atau tekan Ctrl+P sampe muncul jendela konfigurasi
Nah, sekarang liat pada bagian BIOS


disitu tertera Internal HLE Bios. Ganti ke SCPH7502.bin, setelah itu tutup.


Langkah 6:
Sekarang udah bisa memainkan game PS, baik yg iso (Ctrl+I) ataupun yg CD (Ctrl+O)

Update:

Nah, sekarang saya mo update, jika kamu mengalami masalah grafis atau suara saat bermain games, ga ada salahnya untuk menambahkan plugins kedalam PCSX supaya makin mantebh :)
Caranya:
Download plugin grafis dan suara dibawah ini:
P.E.Op.S./Pete's MesaGL Linux PSX GPU (grafik)
P.E.Op.S. Linux OSS/ALSA PSX SPU (suara)
Setelah di download, ekstrak kedua file tersebut (terserah mo menggunakan terminal atau GUI). Setelah di ekstrak, lihat di folder plugin grafik, didalam folder hasil ekstrak tersebut ada file sebagai berikut
cfgPeopsMesaGL
libgpuPeopsMesaGL.so.1.0.78
version.txt
gpuPeopsMesaGL.cfg
readme.txt

File libgpuPeopsMesaGL.so.1.0.78 dan file gpuPeopsMesaGL.cfg di copas kedalan folder ~/.pcsx/plugins/
Sedangkan file cfgPeopsMesaGL di copas kedalam folder ~/.pcsx/plugins/cfg/
Udah selesai? sekarang kembali ke folder plugin suara yang barusan di ekstrak, di dalam folder itu ada file sebagai berikut:
cfgPeopsOSS
readme_1_9.txt
version_1_9.txt
libspuPeopsOSS.so.1.0.9
spuPeopsOSS.cfg

Sama seperti sebelumnya, file libspuPeopsOSS.so.1.0.9 dan file spuPeopsOSS.cfg di copas kedalam folder ~/.pcsx/plugins/
dan file cfgPeopsOSS di copas kedalam ~/.pcsx/plugins/cfg/

Setelah selesai, buka pcsxnya seperti biasa di menu. Setelah terbuka, klik Configurations>Plugins&BIOS
Ketika jendelanya udah terbuka, klik drop-down box Graphics, pilih PE.Op.S MesaGL Driver 1.1.78.
Lakukan juga terhadap Sounds, ganti ke PE.Op.S OSS Audio Driver 1.1.9. Klo dah beres, di close aja dan silahkan coba dengan game-game anda. Hope it works for you guys :)
»»  Next...
Rabu, 25 Januari 2012 - 1 komentar

Install Unity di Ubuntu 10.10


Mungkin untuk sekarang ini, beberapa pengguna ubuntu masih belum bisa menyukai DE (baca: desktop environtmen) yang satu ini, karena memang sangat berbeda dengan gnome-shell, walaupun digunakan pada ubuntu 11.04 dan 11.10 tapi banyak juga yang mengganti DE jenis ini dengan DE yang lain, misal dengan menginstal gnome 3. Tapi ya sudahlah, dengan mengabaikan beberapa kekurangan dari Unity, saya akan memberitahukan cara menginstal Unity di Ubuntu 10.10, entah nantinya akan dicoba apda ubuntu anda atau tidak, yang penting tujuan saya terpenuhi, yaitu ilmu pengetahuan kepada semua pangguna ubuntu khususnya dan pengguna linux pada umumnya, kyak pidato ya, hehehehe...

Oke, langsung saja!
  1. Seperti biasa, tekan ctrl+alt+t (Terminal)
  2. copycan baris ini sudo add-apt-repository ppa:canonical-dx-team/une
  3. kemudian sudo apt-get update && sudo apt-get install unity
  4. setelah selesai restart
Untuk menggunakan DE ini saat GDM login klik nama kita lalu pada panel bawah pilih sesi "Ubuntu Netbook Edition atau Ubuntu Unity Netbook Edition".

Saya sendiri belum mencoba ini karena saya masih betah dengan DE yang sekarang, DE bawaan dari Ubuntu 10.10, Gnome2

Selamat berkreasi :)

sumber 
»»  Next...
Jumat, 20 Januari 2012 - 0 komentar

Asturik On (Desktop Environtment Berbasis Web)

Jika selama ini kita mengenal berbagai desktop environment seperti KDE, GNOME, Unity, XFCE, LXDE, OpenBox, dan lain-lain. Kini ada pendatang baru yang cukup revolusioner yaitu Asturix On. Kenapa revolusioner? Karena Asturix On mengusung konsep desktop environment berbasis web! Dalam pembuatannya, Asturix On menggunakan Javascript, CSS3 serta HTML5. Ketiganya merupakan perangkat yang biasa digunakan untuk membangun sebuah web. Karena berbasis web, tentu saja para developer dapat membuat komponen desktop dengan mudah dengan tampilan dan animasi yang menarik (tentunya kalian pernah melihat berbagai macam efek animasi di web).




Berdasarkan informasi yang ada di situsnya, Asturix On sudah bisa dicoba di Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot dengan mengetik perintah berikut di Terminal:
  1. sudo add-apt-repository ppa:asturix/asturix  
  2. sudo apt-get update  
  3. sudo apt-get install on  
Namun, entah kenapa saya tidak berhasil mencobanya di Ubuntu saya (dengan desktop Gnome).

berikut video previewnya:

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Asturix On, silakan kunjungi situs resminya.
»»  Next...
Kamis, 19 Januari 2012 - 0 komentar

Security (Hacking) Tools di Ubuntu

hack Security (Hacking) Tools di Ubuntu
Wireshark – Network Traffic Analyzer
Wireshark adalah tools untuk menganalisis lalu lintas paket data di jaringan. Lazim dipanggil sebagi SNIFFER (pengintai). Sniffer adalah tools yang berkemampuan menangkap paket data dalam jaringan Wireshark mampu mendecode paket data dalam banyak jenis protokol. Tersedia pada operasi sistem linux dan windows.
Install wireshark:
Buka terminal (seperti command prompt di windows), lalu ketikkan
#sudo aptitude install wireshark
Nessus – Remote Network Security Auditor
Nessus adalah scanner untuk mengetahui celah keamanan komputer, baik komputer anda atau komputer siapapun. Kemampuannya yang lengkap sebagai Vulnerability Scanner adalah nyata karena didukung dengan fitur high speed discovery, configuration auditing, asset profiling, sensitive data discovery, dan vulnerability analysis of our security posture.
Install NESSUS:
#sudo apt-get install nessus
NMAP – The Network Mapper
Adalah tools pemetaan jaringan (network) terbaik yang pernah ada sejauh ini. Panggunaannya yang praktis, konfigurasi yang mudah, dan kehandalannya dalam memetakan jaringan komputer di manapun. Dengan Nmap, anda dapat mengetahui komputer-komputer (hosts) apa saja yang sedang terhubung dalam sebuah jaringan, apa service (aplikasi) yang sedang dijalankan komputer itu (host), apa sistem operasi komputer yang dipakai, apa tipe firewall yang digunakan, dan karakteristik lainnya dari komputer.
Install NMAP:
#sudo apt-get install nmap
Etherape – Graphical Network Monitor Modeled after Etherman
Etherape adalah tools untuk memonitor jaringan dengan tampilan grafis. Tools ini dilengkapi dengan kemampuan menghasilkan grafik dari lapisan jaringan, mode IP dan TCP, serta menampilkan kegiatan network (jaringan) secara grafis. Kita dapat memfilter traffic apa saja yang mau ditampilkan secara grafis.
Install Etherape:
#sudo apt-get install etherape
Kismet
Siapa yang tak kenal tools ini? Sebuah tools terbaik dan satu-satunya di dunia yang mampu mendeteksi setiap jaringan (network) wireless dengan sempurna tanpa cacat sekalipun jaringan tersebut telah berusaha disembunyikan. Dengan tools standar, kita kadang terkecoh bahwa ternyata ada jaringan yang tetap ada namun tak terpantau oleh komputer kita. Kismet adalah detektor jaringan wireless, sniffer, dan sistem pendeteksi penyusup pada komputer. Kismet dapat bekerja pada beragam tipe wireless card, dengan syarat wireless card kita memiliki fitur MODE MONITOR. Kismet dapat melakukan sniffing pada traffic-traffic 802.11b, 802.11a, dan 802.11g.
Install Kismet:
#sudo apt-get install kismet
Chkrootkit – Checks for signs of rootkits on the local system
Tools ini berfungsi melakukan identifikasi apakah sebuah komputer diinfeksi dengan rootkit. Apa itu tootkit? Ini dia jenis-jenis rootkit:
1. lrk3, lrk4, lrk5, lrk6 (and some variants);
2. Solaris rootkit;
3. FreeBSD rootkit;
4. t0rn (including latest variant);
5. Ambient’s Rootkit for Linux (ARK);
6. Ramen Worm;
7. rh[67]-shaper;
8. RSHA;
9. Romanian rootkit;
10. RK17;
11. Lion Worm;
12. Adore Worm.
Install Chkrootkit:
#sudo apt-get install chkrootkit
Rkhunter – Rootkit, backdoor, sniffer and exploit scanner
Tools ini sangat berguna dalam melakukan scanning system komputer kita terhadap keberadaan rootkit yang teridentifikasi berbahaya atau sangat mencurigakan, backdoors, sniffers, dan exploits.
Tools ini akan melakukan pemeriksaan berikut ini di komputer kita:
- MD5 hash changes;
- files commonly created by rootkits;
- executables with anomalous file permissions;
- suspicious strings in kernel modules;
- hidden files in system directories;
Dalam upaya scanning sistem yang optimal, anda harus mengecek sistem menggunakan RKHUNTER dan CHKROOTKIT.
Install Rkhunter:
#sudo apt-get install rkhunter
TCPDump – A powerful tool for network monitoring and data acquisition
Tools ini mengizinkan anda untuk melakukan dumping terhadap lalu lintas jaringan kompute. TCPDump juga dapat digunakan untuk menguji IPv4, ICMPv4, IPv6, ICMPv6, UDP, TCP, SNMP, AFS BGP, RIP, PIM, DVMRP, IGMP, SMB, OSPF, NFS, dan banyak tipe paket data di jaringan. Selain itu, anda juga dapat menggunakan tools ini untuk melakukan track down masalah network, mendeteksi “Ping Attacks”, dan memonitor kegiatan network.
Instal TCPDump:
#sudo apt-get install tcpdump
SNORT – Flexible Network Intrusion Detection System
Ini adalah salah satu tools favorit saya dalam mendeteksi penyusup di jaringan. Kemampuan tools ini adalah yang tercanggih dalam mendeteksi attacks dan probes dalam network, seperti buffer overflows, stealth port scans, CGI attacks, SMB probes, dan lain-lain.
Instal Snort:
#sudo apt-get install snort
Firestarter – program for managing and observing your firewall
Firestarter adalah tools lengkap mesin Linux yang berfungsi sebagai firewall. Memiliki kemampuan real-time dalam menunjukkan probing penyerang pada mesin komputer.
Instal firestarter:
#sudo apt-get install firestarter
CLAMAV – anti-virus utility for Unix
Clam antivirus adalah antivirus yang didesain untuk mesin Linux. Antivirus ini berkemampuan melakukan scanning pada:
- format Zip, RAR, Tar, Gzip, Bzip2, OLE2, Cabinet, CHM, BinHex, SIS, dan sebagainya
- seluruh format file mail
- seluruh format file dokument, termasuk file Microsoft Office dan file Mac Office seperti HTML, RTF dan PDF.
Instal Clamav:
#sudo apt-get install clamav
Netcat – TCP/IP swiss army knife
Netcat adalah sebuah tools simpel dari mesin linux yang berkemampuan membaca dan menuliskan paket-paket data di jaringan, baik yang berprotokol TCP maupun UDP.
Instal Netcat:
#sudo apt-get install netcat
John
Lebih terkenal dengan sebutan John the Ripper (JTR), adalah tools yang didesain untuk membantu administrator sistem dalam menemukan kelemahan password. Tools ini mampu digunakan dalam berbagai bentuk chipertext, termasuk Unix’s DES and MD5, Kerberos AFS passwords, Windows’ LM hashes, BSDI’s extended DES, dan OpenBSD’s Blowfish.
Bagi yang ingin melakukan cracking terhadap sebuah password, John the Ripper adalah jawaban terbaik.
Instal John the Ripper:
#sudo apt-get install john
Dnsniff – Various tools to sniff network traffic for cleartext insecurities
Dsniff adalah sebuah paket tools yang mengandung beberapa sub-tools di dalamnya untuk menyadap dan mengkreasikan jaringan.
Sub-sub tools itu adalah berikuti ini:
* arpspoof – Send out unrequested (and possibly forged) arp replies.
* dnsspoof – forge replies to arbitrary DNS address / pointer queries on the Local Area Network.
* dsniff – password sniffer for several protocols.
* filesnarf – saves selected files sniffed from NFS traffic.
* macof – flood the local network with random MAC addresses.
* mailsnarf – sniffs mail on the LAN and stores it in mbox format.
* msgsnarf – record selected messages from different Instant Messengers.
* sshmitm – SSH monkey-in-the-middle. proxies and sniffs SSH traffic.
* sshow – SSH traffic analyser.
* tcpkill – kills specified in-progress TCP connections.
* tcpnice – slow down specified TCP connections via “active” traffic shaping.
* urlsnarf – output selected URLs sniffed from HTTP traffic in CLF.
* webmitm – HTTP / HTTPS monkey-in-the-middle. transparently proxies.
* webspy – sends URLs sniffed from a client to your local browser (requires libx11-6 installed).
Install dsniff:
#sudo apt-get install dsniff

sumber
»»  Next...
Selasa, 17 Januari 2012 - 2 komentar

Update Kernel 3.2.1 di Ubuntu 10.10

hmmm....agak kecewa juga dengan Kernel 23.1.4, kenapa? karena respon hp mini 110-3000 ku jadi lambat, dan sangat jelas ketika login di ubuntu, memasukkan password aja memerlukan waktu beberapa menit, sangant jauh berbeda dengan Kernel bawaan yaitu versi 2.6.35 (mungkin karena bawaan itu kali ya, hehehe...). Tapi memang saya sangat penasaran soal kernel (meskipun belum bisa compile sendiri) pengen mencoba bagaimana seandainya maverick ini di update Kernelnya ke versi 3.2.1 yang kalo' gak salah (berarti bener yak, hehehe...) digunakan pada Ubuntu 12.04.
Oke, untuk mempersingkat waktu, mari segera menuju ke TKP :)
Berikut hasil percobaan saya dan alhamdulillah sejauh ini memuaskan :)

    Kunjungi situs http://kernel.ubuntu.com/~kernel-ppa/mainline/. Di situ tersedia banyak sekali kernel-kernel dari versi lama sampai baru.











    Cari v.3.2.1-precise, setelah ketemu klik, maka tampilannya seperti ini











    nah terlihat disana ada 3 pilihan, versi sebelum-sebelumnya cuma ada 2 pilihan, yaitu untuk versi i386 dan amd64, tapi sekarang ada tambah yaitu generic dan generic-pae (untuk i386), bingung dan bingung, hehehe....

    Saya putuskan untuk download yang generic (tanpa pae) dengan status coba-coba, hehehe.. Ada 3 file yang harus di download, yaitu:
    • linux-headers-3.2.1-030201-generic
    • linux-headers-3.2.1-030201_3.2.1-030201
    • linux-image-3.2.1-030201-generic
    setelah download selesai,seperti biasa untuk menginstal bisa langsung klik filenya 2x (karena sudah dalam bentuk .deb) atau dengan cara yang saya sukai, yaitu lewat terminal, hehe...
    • tekan kombinasi Ctrl+alt+T
    • masuk ke directory tempat anda menyimpan hasil download
    • ketik sudo dpkg -i (file .deb) 
            atau untuk mempercepat, taruh semua filenya dalam satu folder, masuk ke folder tersebut dan ketik di terminal
            sudo dpkg -i *.deb
    • tunggu sampai selesai :)

     -Selamat Bereksperimen-
    »»  Next...