Rabu, 14 Maret 2012 - 0 komentar

Pengalaman Merasakan Ubuntu 12.04 Beta

Akhirnya bisa juga menginstal ubuntu 12.04 ini, meskipun masih dual boot dengan windows, hehe.... Banyak hal yang pengen saya curahkan terkait dengan kesan-kesan saya setelah instal ubuntu versi LTS ini. Awalnya memang agak susah atau mungkin bisa dibilang takut untuk menginstal, khawatir bisa atau gak, karena pilihan menu yang sedikit berbeda dengan yang sebelumnya.
Oke sekalian saja saya sertakan gambarnya:

Seperti biasa, pada langkah pertama instalasi saya akan disuguhi dengan gambar seperti ini
 kemudian saya bisa langsung memilih Install Ubuntu atau mau mencoba priviewnya dulu dengan memilih Try Ubuntu

selanjutnya seperti ini:

Pada tahap ini saya centang Install this Third Party Software, gunanya untuk menginstal software dari pihak ke-3, tapi saat install saya tidak terhubung ke internet, jadi ya myngkin tetep belum bisa di instal software tambahan pihak ke-3 nya, hehehe...
Naahh.. selanjutnya bagian ini yang membuat saya bingung:
Pada fase ini kan berarti HP MINI saya tidak mendeteksi keberadaan OS lain, padahal saya juga sudah menginstal Windows 8 di HP MINI saya. Biasanya saya memilih yang Install Alongside Windows dan menyerahkan pembagian partisi instalasi pada default ubuntu dan tentu saja sebelumnya sudah saya siapkan partisi khusus buat ubuntu, tapi saya pilih aja yang "Something else" - Continue

Kemudian saya disuguhi tampilan ini


Salanjutnya saya bingung lagi, partisi yang sudah saya sediakan mau diapain, hehehe...maklum baru kali ini instal dengan partisi manual, saya klik 2x aja pada partisi yang sudah saya sediakan, dan ternyata muncul edit partition  tapi kurang lebih seperti ini:
membuat partisi SWAP
kemudian setelah saya atur partisi SWAP dan klik OK, maka pada tabel partisi di Instalasion Type akan muncul Free Space, nah pada Free Space ini saya membagi lagi partisi, untuk root  dan home, ilustrasinya ada pada gambar dibawah ini:
root (/), alokasikan sesuai kebutuhan dan nanti sisanya digunakan untuk partisi /home

/home
gambar pembagian partisi di atas menunjukkan type for the new partition adalah logical, tapi saya pribadi memilih Primary, karena saya belum begitu paham sebelumnya, hehe...

Setelah pembagian partisi selesai, maka saya langsung Install Now dan ikuti petunjuk seperti biasa...

demikian pengalaman saya yang pengen saya curahkan lewat tulisan ini, meskipun berbelit-belit, tapi tak apalah, yang penting sudah saya keluarkan uneg-uneg, saya, hehehe...dan semoga sobat linux bisa mendapat manfaat dari artikel ini

nb: bagi para mastah2 linux, mohon dikoreksi bila ada kesalahan dalam posting saya ini, makasih sebelumnya ^_^

0 komentar:

Posting Komentar